Jambu Monyet



Jambu monyet atau jambu mete memiliki kandungan tertentu yang mampu mengatasi penyakit diabetes mellitus, radang mulut hingga disentri.
Sebagaimana diketahui, tumbuhan ini yang berkeping biji dua atau juga disebut tumbuhan berbiji dua belah. Jambu monyet mempunyai batang pohon yang tak rata dan berwarna cokelat tua. Daunnya bertangkai pendek dan berbentuk lonjong dengan tepian berlekuk-lekuk, dan guratan rangka daunnya terliihat jelas. Bunganya berwarna putih. Bagian buahnya yang membesar berdaging lunak, berair dan berwarna kuning kemerah-merahan. Namun, itu buah semu, artinya bagian itu bukan buah sebenarnya tetapi merupakan tangkai buah yang membesar. Buah jambu monyet yang sebenarnya biasa disebut mete atau mente, yaitu buah batu yang berbentuk ginjal dengan kulit keras dan bijinya yang berkeping dua tersebut dilapisi kulit yang mengandung getah.

Jambu monyet antara lain mengandung senyawa kimiia seperti tannin, anacardic acid dan cardol yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan antiseptik. Selain itu daunnya yang masih muda juga mempunyai komposisi kandungan kimia seperti vitamin A, vitamin C, kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi dan air.
Bagaimana jambu monyet mampu mencegah dan mengatasi sejumlah penyakit ? berikut resepnya :
 Untuk pengobatan diabetes mellitus : bahannya 2 potong kulit batang jambu monyet dan adas pulawaras secukupnya. Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.
 Untuk pengobatan disentri : bahannya 1 genggam daun dan 1 potong kulit batang jambu monyet. Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.
 Untuk pengobatan radang mulut : bahannya 1 genggam daun dan 1 potong kulit batang jambu monyet. Kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Minum 2 kali sehari, pagi dan sore.





0 komentar : “Jambu Monyet”


SILAHKAN DICOBA - KOMENTAR DI FACEBOOK



Posting Komentar

Bagaimana menurut anda tentang Blog / Artikel ini,
Tinggalkan sebuah komentar / saran disini......!!!
saya akan balik kunjungi anda, teriima kasih


free counters

BALI